NAIK KM. KELUD 32 JAM! BATAM-JAKARTA KELAS 2B

بِسْÙ…ِ اللهِ الرَّØ­ْمنِ الرَّØ­ِيمِ

sumber : Tribun Batam

Halo kembali lagi di postingan terbaru dari blog https://arnol-btm.blogspot.com/ , oke kali ini saya akan membagikan pengalaman singkat saya, pertama kali naik kapal KM. KELUD dari kampung halaman saya BATAM pelabuhan Batu Ampar menuju  Jakarta, Tanjung Priok.
Saya berangkat pada tanggal 18 September 2019 hehe, tujuan ke Bandung sebenarnya untuk kembali mengurus perkuliahan, dikarenakan masalah keuangan jadi memilih menggunakan kapal saja karena lebih hemat biaya. saya membeli tiket kapal dari agen tiket yang berlokasi di daerah depan BCA JODOH, tepat di sebrangnya, namanya PARIS Tour and Travel. Saya membeli tiket kapal Pelni kelas 2B dengan harga 580 ribu, saya tidak membeli tiket kelas ekonomi, karena memikirkan keamanan dan kenyamanan hehe. sebenernya bisa membeli tiket secara online, cuma saya rasa lebih ribet karena harus menukarkan ke loket Pelni resmi, karena baru pertama kali saya cari yang pasti-pasti aja deh.
Keberangkatan kapal pelni yang tertera pada tiket adalah pukul 13.00 WIB but, saya kesal karena sudah menunggu lama malah jam 14.30 baru bisa naik ke kapalnya karena bukan cuma pesawat saja yang delay, tetapi kapal juga hehe
ya seperti inilah kondisi ruang tunggu di pelabuhan Batu Ampar :( semoga tempat duduknya lebih diperbanyak

dari ruang tunggu kita akan diantarkan menuju kapal menggunakan bus Trans Batam, namun sangat disayangkan para calon penumpang kurang tertib sehingga berdesak-desakan :(
lalu saat di Kapal kita tinggal tanya ke petugas menanyakan deck berapa lokasi kamar kita, lalu kita menuju loket petugas, menunjukkan tiket dan deposit uang sebesar 50.000 untuk mengambil kunci kamar dan loker (tenang nanti dibalikin uangnya kalo kunci tidak rusak dan hilang)

Kamar saya terletak di Deck 5 nomor 5007, terdiri dari 8 kasur dengan tiap kasurnya tingkat hehe, ada sistem pendingin ruangannya juga, beserta colokan walau cuma 2 slot saja, dan terdapat loker/lemari untuk meletakkan barang-barang kita, Pukul 16.00 kapal berangkat meninggalkan pelabuhan Batu Ampar, dan di kapal pelni ini kita akan mendapatkan jatah 3 kali makan perhari untuk semua kelas, baik ekonomi, kelas 2, maupun kelas 1 tetapi kelas 1 dan 2 makannya ala-ala prasmanan gitu, ambil sendiri dan ditemani dengan live music, sedangkan kelas ekonomi makanan disiapkan di kota-kotak makanan. berikut gambarnya

disediakan teh hangat dan kopi juga, tinggal ambil hehe, lalu saya paling suka nih musholanya adem dan nyaman banget, manteb pokoknya tapi jangan dipake untuk tiduran hehe
awal-awal perjalanan saya sangat menikmati, dengan ombak yang tidak terlalu besar tidak membuat saya mabuk dalam perjalanan.
keesokan harinya saya mulai berkeliling untuk melihat-lihat suasana kapal ini dan ingin menyeduh chocolatos yang saya bawa dari Batam, biar gak mahal wkwk oiya tersedia air panas gratis untuk yang ingin nyeduh pop mi maupun nyeduh kopi, saya menikmati suasana di atas kapal sambil menikmati coklat panas, ditemani ombak dan angin laut pagi hari yang segar.
Dikapal juga ada Mini Theater alias bisokop mini, namun saya tidak sempat untuk menonton, saya denger sih harga tiket 15.000 rupiah dan itu lumayan murah loh daripada nonton di bioskop langsung hehe.

sulit sekali untuk mendapatkan sinyal di atas kapal, namun saya iseng mengaktifkan wifi ternyata di kapal ini menyediakan fasilitas wifi namun berbayar gaes, untuk harga saya tidak tau karena tidak sempat menanyakannya dan dapat dibeli di Pelni mart deck 8 seperti foto di atas
pukul 14.00 mendapatkan sinyal internet dan iseng liat maps ternayata di perairan Bangka Belitung, dan ombak kuat banget gaes, kapalnya goyang-goyang seksi sampe saya mual dan pusing, saat sholat aja berdirinya mau jatuh :( dan terus berlanjut sampe jam 19.00 ombaknya gede, mulai redaan ketika udah mau nyampe di pelabuhan Tg. Priok di Jakarta. waktu saya tiba pukul 23.00 berbeda dari perkiraan yang ada di tiket kalau sampenya pukul 18.00 WIB dan proses kapal bersandar juga memakan waktu yang lama

beginilah kondisi malam hari pelabuhan Tg. Priok, karena sudah terlalu malam saya mengurungkan niat saya untuk langsung berangkat menuju Bandung, saya ijin kepada ABK untuk bermalam agar melanjutkan perjalanan di pagi hari namun saya harus tidur di kelas ekonomi karena kamar akan dibersihkan pertugas. Alhamdulillah saya bisa sampai degan selamat di Bandung terimakasih ya Allah dan terimakasih atas do'a orang tua dan pelayanan para crew kapal KM. Kelud, sekian pengalaman pertama saya naik kapal KM. Kelud, lebih dan kurang saya mohon maaf, terimakasih sudah membaca, untuk pertanyaan bisa tulis di kolom komentar atau langsung ke media sosial saya hehe.
bonus foto
Kasur kelas ekonomi

note :
saya pergi sendirian dan lumayan repot untuk membawa barang, tidak mau pake jasa porter karena bawa uang secukupnya hehe
jangan lupa minum tolak angin, antimo dan bawa minyak kayu putih bagi yang mabuk dalam perjalanan

This is the current newest page
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan kata yang sopan dan bijak,anda sopan kamipun segan... ConversionConversion EmoticonEmoticon